Ini Dia Bahaya Kandungan Mangan Berlebihan dalam Air Sumur Bor / Ledeng di Rumah

Apakah Bahaya Kadar Mangan Berlebih dalam Air?

Mangan, mineral seperti besi, ditemukan dalam air minum. Orang, terutama bayi, yang minum air yang mengandung mangan di atas tingkat tertentu dapat menderita efek kesehatan yang berbahaya.

Paparan mangan konsentrasi tinggi selama bertahun-tahun telah dikaitkan dengan penyakit sistem saraf dengan gejala seperti penyakit Parkinson.

ciri-ciri air mengandung manganese

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (U.S. Environmental Protection Agency / EPA) telah menetapkan kadar yang diizinkan untuk mangan dalam air minum maksimal 0,3mg/L (300 ug/L).

EPA menganggap tingkat ini aman dari potensi dampak neurologis seumur hidup

Untuk paparan jangka pendek, EPA menyarankan agar kadar dalam air minum di bawah 1 mg/L (1000 ug/L).

Selain itu, EPA menyarankan agar bayi tidak minum air yang mengandung Mangan di atas 0,3 mg/L (300 ug/L) setiap saat, terutama jika diberi susu formula.

Sebetulnya, mineral Mangan adalah mineral yang normal dan sehat ada dalam tubuh kita. Mangan berperan dalam metabolisme tubuh, penyerapan kalsium, dan regulasi gula dalam darah.

Namun, mengkonsumsi air dengan kadar mangan besar dapat mengganggu kesetimbangan mangan dalam tubuh.

Oleh karena itu penting bagi Bapak Ibu untuk mengukur kandungan mangan pada air yang biasa dipakai untuk aktivitas sehari-hari di rumah tangga.

Pengukuran kandungan mangan dalam air menggunakan alat ukur yang disebut manganese meter.

Manganese meter dengan cepat dapat mengukur kandungan mangan dan menunjukkan nilai secara akurat hingga 0,01 mg/L.

Untuk mengurangi kandungan manganese dalam air, Bapak Ibu bisa menggunakan media Manganese Greensand Plus.

harga manganese greensand plus, jual pasir manganese filter air,

Tanya Jawab Seputar Manganese Greensand

Pertanyaan Seputar Filter Greensand

Berikut beberapa pertanyaan terkait manganese greensand;

T. Apa itu filter manganese “greensand”?

A. Filter pasir hijau menggunakan media filter yang diformulasikan secara khusus yang terbuat dari pasir hijau glauconite yang ditambang secara alami.

Media filter greensand memiliki lapisan khusus mangan oksida, yang mengoksidasi besi, mangan, dan besi di dalam air saat kontak dengan media filter.

T. Bagaimana Filter Greensand menghilangkan besi dan mangan dari air?

A. Besi dan mangan adalah logam yang sering ditemukan larut dalam air. Besi dan mangan menyebabkan noda saat terkena udara di cucian, bak mandi, dll. dengan mengoksidasi atau “berkarat”.

Media filter greensand mengoksidasi besi terlarut dan mangan pada kontak saat air mengalir melalui filter greensand yang menyebabkan unsur-unsur ini mengendap (atau membentuk padatan) di dasar filter.

Filter besi mencuci kembali partikel-partikel kecil ini untuk mengalirkan air setiap beberapa hari di tengah malam (atau waktu tertentu lainnya), sehingga membersihkan dan memulihkan media filter.

Untuk memberikan kekuatan pengoksidasi untuk mengendapkan logam-logam ini, filter secara otomatis dibersihkan dan dipulihkan dengan kalium permanganat (cairan ungu) selama setiap siklus pencucian balik.

T. Apakah kalium permanganat beracun atau berbahaya?

A. Kalium permanganat adalah pengoksidasi kuat dan, mirip dengan klorin, dapat menyebabkan iritasi kulit atau luka bakar jika terjadi kontak langsung. Tapi, tidak ada permanganat yang ditambahkan ke air yang disaring.

Permanganat hanya digunakan untuk backwash dan membersihkan media filter greensand. Siklus pembilasan khusus memastikan dasar filter bebas dari sisa permanganat.

T. Apa perbedaan antara “filter greensand” dan “filter greensand-plus”?

A. Perbedaan antara filter greensand dan greensand-plus dan mangan greensand adalah pada substrat yang membentuk inti media dan metode pelapisan mangan dioksida melekat pada substrat tersebut.

Greensand Plus memiliki inti pasir silika dan lapisannya menyatu dengannya sedangkan Manganese Greensand memiliki inti glaukonit dan lapisannya terikat secara ion.

Inti pasir silika Greensand Plus membuatnya lebih tahan terhadap kondisi pengoperasian di perairan yang rendah silika, TDS, dan kekerasan.

Greensand-plus tidak memerlukan kalium permanganat, tetapi membutuhkan satu umpan dalam klorin sebelum filter greensand-plus. Jika Anda berencana menggunakan sistem klorinasi atau klorinator, kami biasanya merekomendasikan filter besi greensand-plus.

Jika Anda tidak berencana untuk mengklorinasi (atau menggunakan ozon) sebelum sistem filter, filter greensand biasa bekerja lebih baik.

harga manganese greensand plus filter air per kg per ton

T. Apakah filter Greensand memiliki kondisi khusus agar dapat bekerja dengan baik?

Ya! Ada kondisi yang sangat spesifik yang diperlukan. Air harus memiliki pH 6,7 hingga 8,8. Jika air memiliki pH kurang dari 6,8 kami biasanya menyarankan untuk mengolah air terlebih dahulu dengan filter penetral atau pengumpan soda abu.

Aplikasi terbaik memiliki pakan atau air baku kurang dari 15 PPM besi dan mangan, digabungkan. Tingkat penghapusan praktis maksimum untuk hidrogen sulfida adalah 5 PPM.

Air seharusnya tidak mengandung tanin atau minyak.

T. Air saya berbau belerang yang sangat buruk, apakah ini akan dihilangkan?

A. Meskipun filter pasir hijau ini akan menghilangkan hingga 5 PPM hidrogen sulfida, dalam beberapa kasus bau dapat berasal dari kondisi yang ada setelah air memasuki pipa ledeng.

Misalnya, pemanas air sering memiliki batang anoda yang membusuk yang menghasilkan gas hidrogen sulfida, sehingga meskipun air yang masuk ke pemanas air bersih dan bebas bau, Bapak Ibu masih dapat memiliki masalah bau.

Penting untuk mengidentifikasi sumber bau dan memverifikasi bahwa itu ada di air dingin juga, yang akan menunjukkan bahwa semua air yang masuk berbau.

T. Jika saya ingin menggunakan chlorinator untuk air saya, apakah saya bisa menggunakan filter besi jenis ini?

A. Ya. Filter besi ini bekerja lebih baik dengan umpan klorin. Dengan treatment awal klorin, permanganat biasanya tidak diperlukan.

T. Saya ingin menggunakan filter Greensand-Plus atau Greensand, dengan sistem injeksi klorin, tetapi saya tidak ingin klorin di rumah saya. Apa yang dapat saya?

A. Anda dapat menggunakan filter karbon backwash setelah filter Greensand untuk menghilangkan semua klorin sebelum masuk ke dalam rumah.

T. Saya memiliki mangan yang sangat tinggi (lebih besar dari 0,05 PPM), apakah filter besi ini juga akan menghilangkan mangan?

A. Ya, sistem ini bekerja dengan baik untuk menghilangkan mangan, baik yang terlarut maupun yang teroksidasi. Untuk menghilangkan mangan, filter Greensand adalah pilihan yang sangat baik, karena banyak filter besi yang bekerja dengan baik untuk menghilangkan besi tetapi tidak bekerja dengan baik untuk menghilangkan mangan.

T. Seberapa sering saya harus mengganti media filter greensand?

A. Media filter manganese greensand plus akan bertahan selama 1 tahun tergantung pada penggunaan dan kondisi.

Distributor Pasir Manganese Untuk Berbagai Aplikasi Dan Industri

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami di;

Jual Pasir Manganese Bandung

Jalan Mande Raya No. 26, RT/RW 01/02 Cikadut-Cicaheum, Bandung 40194

Filter Air Manganese Jakarta

Jalan Tanah Merdeka No. 80B, RT.15/RW.5 Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur 13830 

Manganese Greensand Jakarta Barat

Jalan Kemanggisan Pulo 1, No. 4, RT/RW 01/08, Kelurahan Pal Merah, Kecamatan Pal Merah, Jakarta Barat, 11480

Atau Anda juga bisa langsung kontak sales kami secara langsung baik via phone maupun WhatsApp:

0821 4000 2080 (Fajri)

advertise